Cara Mengatasi laptop mati Total

Bagaimana cara memperbaiki laptop yang mati total? Kita bagi beberapa kategori kerusakan laptop mati total.
1. Penyebab karena Laptop terjatuh atau ada guncangan
2. Terkena air atau korosi
3. Ditekan saklar tidak ada reaksi
4. Koslet
Mari kita kupas satu per satu. Dimulai dari adanya guncangan atau terjatuh. Memang kasus ini sangat langka terjadi di kasus laptop. Namun bila terjadi seperti itu, apa yang kita harus kerjakan?
Kerusakan matitotal yang disebabkan oleh jatuhnya laptop, harus benar benar kita periksa. Tapi pemeriksaannya sangat mudah karena kasat mata. Yang perlu kita perhatikan adalah apakah kondisi laptop masih utuh? Adakah bagian yang hilang atau terlepas ? Bisa jadi salah satu bagian rusak seperti bagian baterai lepas, atau bagian LCD hancur.
Ada beberpa yang rentan hancur bila laptop terjatuh. Yang sering adalah LCD, ataupun kabel fleksibel. Bahkan kalau jatuhnya sangat ekstrim seperti gambar di atas, akan membuat motherboard menjadi hancur. Apakah motherboard yang hancur bisa diperbaiki? Mari lihat foto di bawah ini
Kita bisa lihat ada banyak lapisan pada board yang kita pakai. Jadi, bila hancur atau patah, bukan hanya satu jalur yang harus diurus, tapi banyak jalur. Sukur jika hanya bagian yang tidak penting yang patah atau hancur, jadi bisa kita abaikan. Namun jika bagian yang patah adalah bagian yang vital. Semisal jalur antar chipsetnya, solusinya harus tukar board atau tukar mesin.
Kerusakan mati total yang kedua yang kita akan bahas adalah, bila laptop terkena air atau korosi. Jarang terjadi memang sebuah laptop terkena air. Tapi ini adalah fenomena alam, pernahkah anda keluar dari ruangan ber AC, kaca mata anda menjadi berkabut? Itulah juga yang terjadi di semua barang, dia bisa mengembun walau tidak terkena air langsung. Jadi jangan heran bila sewaktu laptop anda dibuka, ada karat. Tapi jangan takut, berikut langkah yang harus anda lakukan :
1. Sesegera mungkin melepas hubungan power, baik itu dari batere, ataupun dari charger
2. Lap atau bersihkan cairan yang terlihat kasat mata dengan lap kering.
3. Perhatikan baik baik di bagian yang tertumpah cairan tadi. Terutama jika tertumpah pada keyboardnya. Sebab adanya pori pori yang cukup untuk dilewati cairan. Jika memungkinkan lepas keyboardnya, untuk mencegah masuknya cairan ke bagian motherboard.
4. Buka bagian yang bisa kita buka untuk dibersihkan. Seperti Ram, modul wifi, harddisk, dan lainnya.  Semakin banyak yang anda bisa bersihkan dari cairan yang masuk, semakin besar kemungkinan laptop anda akan kembali menyala. Beberapa hal yang bisa anda coba, yaitu gunakan hairdryer, lampu infra red, atau gunakan kompresor angin. Tapi perhatikan suhu yang anda gunakan. Seperti kalau kita gunakan hairdryer, kalau terlalu lama, akan membuat suhu sangatlah panas. Tidak jarang membuat casing yang terbuat dari plastik menjadi meleleh.
Kerusakan ketiga adalah ditekan saklar tidak ada reaksi. Ini banyak penyebab. Dari hal sepele hingga masalah kerusakan level empat. Lihat dulu apakah ada indikator yang menyala di lampu indikator. Adanya indikato sewaktu kita menyalakan laptop, walupun hanya berkedip sebentar menandakan bahwa rangkaian on dari laptop sudah bekerja normal. Sebaliknya bila sewaktu kita tekan saklar, tidak ada tanda apapun juga, menandakan rangkaian on bermasalah.
Beberapa yang perlu diperhatikan :
1. Sumber tegangan.
Apakah batere sudah normal? Boleh anda coba dengan batere lain yang sejenis. Pastikan batere tersebut bisa dipakai dan menyalakan laptop di laptop lain. Nyalakan coba dengan charger saja, lepas baterenya. Umumnya laptop bisa dinyalakan hanya menggunakan charger saja.
Kalau anda curiga chargernya yang rusak, boleh anda coba dengan mengukur kepala charger dengan multitester. Yang normal akan menunjukkan tegangan yang sesuai dengan charger kita. Umumnya 19 volt
2. Saklar
Saklar juga sering rusak. Karena acap kali ditekan, tak heran bila saklar ini rusak. Penggantiannya cukup satu modul saja. Harga relatif murah.
3. Kemungkinan lain masih banyak, bisa chipsetnya. Bisa bagian biosnya, ataupun bagian powernya. Semua kemungkinan bisa terjadi. Namun ini sudah masuk ke level empat perbaikan, di mana perlu pemahaman tentang perbaikan hardware dan juga pengetahuan tentang elektronika. Tidak semua teknisi bisa sampai level ini. Di tempat yang hanya bisa menangani level 1 dan 2, biasanya mereka mengatakan ini adalah kerusakan motherboard. Karena mereka tidak bisa mendeteksi IC mana yang rusak, mereka menyarankan untuk mengganti motherboardnya satu set langsung. Tentu biaya jadi membengkak. Nah solusinya harus cari teknisi yang berlevel empat.
Selanjutnya mari bahas kerusakan laptop mati total karena koslet. Gejalanya bisa sama dengan yang ke tiga tadi, tekan saklar tidak ada reaksi atau bisa juga tekan saklar, nyala tapi langsung mati kembali. Banyak kasus seperti ini bisa disebabkan oleh adanya koslet di dalam laptop.
Apa itu koslet? Koslet adalah hubungan singkat. Adanya arus berlebih yang disebabkan adanya komponen yang aus. Bisa disebabkan oleh komponen yang rusak seperti kapasitor, atau lainnya. Dan bisa pula disebabkan oleh rusaknya IC. Gejalanya sama, tapi kemungkinannya sangatlah banyak. Tapi beberapa tips di bawah boleh anda coba :
1. Lepas komponen atau modul
Kita ketahui ada modul modul dalam laptop seperti modul RAM, modul wifi, modul harddisk. Coba lepas satu per satu, kemudian coba kembali. Apakah masih sama. Sukur bila ternyata setelah dilepas sebuah modul seperti RAM, laptop sudah menyala kembali.
2. Perhatikan motherboard
Langkah ke dua ini, anda perlu melepas motherboard. Karena di bagian modul sudah tidak ada yang koslet. Hati-hati dalam melepas motherboard. Bisa bisa, masalah jadi bertambah. Setelah terlepas, langkah pertama adalah amati boardnya. Cermati apakah ada
Komponen yang terbakar menandakan adanya komponen yang koslet. Bisa komponen yang bersangkutan tapi bisa juga komponen lain. Perlu satu pemahaman yang mendalam untuk menganalisanya.
Dalam perbaikan yang ke tiga dan ke empat, ada satu alat penting yang perlu kita miliki, alat itu bernama power supply. Penampakannya seperti ini
Alat yang sangat berguna dan sangat dahsyat bila anda dapat menggunakannya. Alat ini akan menjadikan cara memperbaiki laptop mati total menjadi sederhana. Selain bisa mengetahui kerusakan secara umum, juga bisa sampai ke level komponen. Kita bisa mengetahui komponen manakah yang bermasalah, yang koslet, dan sebagainya.
Nah jika cara memperbaiki laptop mati total di atas anda sudah coba namun belum menemukan hasil juga, artinya kerusakan sudah terjadi di level empat. Solusinya bisa anda ganti motherboard anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar